Wednesday, April 8, 2020












Nama : Qawulan Putri Sadidan
Kelas : KM19C
NIM : 0802519133
UTS JURNALISTIK BERITA HARDNEWS








BOGOR – Tempat Wisata (Jungeland) JungleLand Adventure Theme Park di Kawasan Sentul Nirwana, Jl. Jungle Land No.1, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810 yang dikenal sebagai tempat wahana bermain yang mudah dijangkau, memiliki banyak wahana yang bisa dinikmati dengan keluarga dan dapat menampung 30.000 orang tersebut tiba-tiba ludes di lalap si jago merah pada hari Rabu, 8 April 2020 sekitar pukul 16.00 WIB. Kebakaran ini mengakibat kerugian besar dalam hal ekonomi bagi pemilik & penjual yang ada di tempat wisata Jungeland Bogor ini karena seluruh wisatawan tidak bisa menikmati wahana dan terpaksa harus meninggalkan tempat wisata karena adanya gangguan arus pendek listrik. Akibatnya banyak wisatawan yang minta ganti rugi karena sudah membayar tetapi tidak bisa menikmati tempat wisata tersebut. Tetapi banyak juga para wisatawan yang langsung pergi karena sudah terlalu panik.

Sumber api diduga kuat berasal kompor gas yang dipergunakan oleh salah satu penjual nasi goreng untuk memenuhi pesanan para wisatawan. Karena wisatawan sangat banyak yang mengantri dan ingin membeli nasi goreng, penjual nasi goreng tersebut sangat keteteran dan lupa mematikan kompor saat menyiapkan makanan. Warga setempat mengatakan, kobaran api sudah terlihat membesar diiringi teriakan para penjual dan wisatawan yang sedang makan meminta pertolongan. “Kita enggak tahu sumber api dari mana. Fokus kita saat itu menyelamatkan para penjual yang berada di dalam tempat wisata tersebut,” kata Syifa, Kamis (19/03/2020). Menurut Syifa, beberapa tempat penjualan makanan, wahana, ludes terbakar berserta barang yang ada di dalamnya. Para wisatawan berhasil selamat semua dan tidak ada korban meninggal, hanya luka-luka. Tetapi para penjual tidak semua berhasil diselamatkan ada yang meninggal dan ada pula yang hanya luka-luka, dan langsung dibawa menggunakan mobil ambulan.

Kebakaran di tempat wisata Jungeland ini tak berlangsung lama setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran Kota Bogor tiba di lokasi. “Jalan yang sempit dan padat permukiman membuat kami susah mencapai titik api,” kata Kepala Regu Pemadam Kebakaran Kota Bogor, Pak Jerio. Pak Jerio menduga asal api dari dapur tempat jual makanan yang ada didalam tempat wisata tersebut. Dan apinya merambat ke seluruh wahana bahkan loker penjualan tiket dan kamar mandi juga ikut terbakar. Bahkan, karena api yang besar dan tiupan angin kencang, menyebabkan api menyebar cepat ke luar tempat wisata tersebut seperti restaurant cepat saji, beberapa rumah, dan warung disekitar tempat itu ludes di lalap si jago merah. Mendengar suara mobil unit pemadam kebakaran, warga sekitar berhamburan keluar rumah dan membantu memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya.

Api baru berhasil dijinakkan sekitar pukul 19.00. Sambil menyelamatkan barang berharga, warga sekitar melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian. Sementara itu, Kapolsek Kota Bogor mengaku pihaknya telah melakukan olah TKP di lokasi kebakaran. Sekitar 30 menit salah satu warga melaporkan, beberapa polisi datang. Polisi mendata, diantara korban tersebut banyak yang hanya luka-luka dan ada pula yang meninggal dunia. Korban yang hanya luka-luka sementara dialihkan ke rumah sakit terdekat. Sementara yang sudah meninggal dunia, polisi segera mencari tahu asal keluarganya dan dibawa kerumah sakit setelah itu dikubur di makam terdekat. Seluruh warga yang kehilangan tempat tinggalnya  dialihkan ke tempat penampungan sementara yang ada di sekitar wahana tersebut. Dan tempat wisata tersebut telah di amankan. Untuk sementara, tempat wisata Jungeland Adventure Theme Park ditutup, dan diperkirakan dalam jangka waktu yang lama karena harus melakukan renovasi terhadap wahana dan yang lainnya.


No comments:

Post a Comment